0 Comment
Hallo guys, sudah lama ga posting di blog makaramah. Berhubung mimin dah lama berhenti kuliah, jadi otak agak mampet, ketinggalan pembaharuan tentang hukum. Jadi mimin berinisiatif merubah isi posting dengan hobby mimin sendiri. Ok, kali ini mimin mencoba berbagi ilmu walaupun ga seberapa tapi hal ini sangat penting bagi gitaris pemula. Mimin ga sehebat teman-teman gitaris yang udah ngetop, tapi mimin berusaha untuk tetap berbagi selama mimin masih bisa untuk berbagi. Oh, iya...untuk master-master yang mungkin mampir diblog ini, ada baiknya sharing ilmu tentang gitar. Apabila ada salah penulisan atau salah pemahaman, tolong dikoreksi.

Ok langsung ajah, apa sih YANG HARUS DIKUASAI GITARIS PEMULA?
Memang banyak yang harus dikuasai oleh gitaris pemula, kali ini mimin mulai dari pemilihan chord. Bagaimana sih maksudnya?. Gini, contohnya satu lagu dengan nada dasar C, trus chord-chord apa saja yang termasuk dalam dalam nada dasar C?. Yaps ada chord C-Dm-Em-F-G-Am...Nah, mungkin para gitaris pemula sudah tau apa saja chord-chord tersebut. Namun ada beberapa pemula tidak mengerti asal-usul hingga terbentuk chord-chord tersebut. 

Sebenarnya rumusnya gampang, tetapi terkadang kita mengabaikan sesuatu yang penting termasuk susunan chord nada dasar. Coba perhatikan gambar dibahawah ini :

Makusd dari gambar diatas adalah perpindahan nada C ke D memiliki jarak 1, D ke E memiliki jarak 1, E ke F memiliki jarak 1/2, F ke G memiliki jarak 1, dan G ke A memiliki jarak 1. Bagaimana mudah bukan? Jadi apa saja susunan nada dasar C? 
Bentuk pertama = Mayor
Bentuk kedua = Minor
Bentuk ketiga = Minor
Bentuk keempat = Mayor
Bentuk kelima = Mayor
Bentuk keenam = Minor
Bentuk ketujuh = Diminished
Sebagaimana gambar diatas yang dilewati garis, apabila diaplikasikan dengan bentuknya. Maka susunan chord nada dasar C menjadi 
C-Dm-Em-F-G-Am-Bdim
lalu bagaimana jika nada dasar D, apa saja chord-chordnya. Gampang guys dengan menggunakan cara diatas atau dengan rumus 1-1-1/2-1-1-1. Maka, akan mendapatkan hasil D-Em-F#m-G-A-Bm-C#dim. Coba buktikan sendiri guys.

Demikian cara yang HARUS DIKUASAI OLEH GITARIS PEMULA dalam bermain gitar. Apabila masih ada yang perlu ditanyakan, jangan sungkan tinggalkan komentar. Terima kasih.

Posting Komentar

 
Top